Senin, 07 Oktober 2013

Fungsi PHP ( stristr dan substr )

FUNGSI PHP ( stristr dan substr )

            Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang dua  fungsi PHP string yaitu stristr dan substr. Pada dasarnya dua fungsi ini digunakan untuk memanipulasi suatu string untuk dapat digunakan sesuai keinginan.

I.                    STRISTR

Fungsi stristr digunakan untuk mencari dalam suatu kalimat sebuah kata atau lebih. Misalkan :

$kalimat =  “Saya tidak belajar programming”;

Dan kita ingin mencari kalimat dengan kata kunci “suka”. Maka cara mengambil atau memilih kalimat tersebut adalah sebagai berikut:
<?php
//mendefinisikan variabel $kalimat
$kalimat = "saya suka belajar Programing";
//fungsi like pada PHP
$kata = stristr($kalimat,'suka');
//tampilkan kata terpilih
echo "$kata";
?>
Output :

suka belajar Programming

        Jadi stristr akan mencari dalam kalimat tersebut yang mengandung kata suka, dan memotong kalimat dari kata suka sampai akhir kalimat. Sehingga keluar tampilan : suka belajar programming.

II.                 SUBSTR

     Fungsi PHP substr pada dasarnya digunakan untuk mencari kalimat berdasarkan urutan karakter tersebut. Misalkan jika kita memiliki kata ‘Hello world”, kata “Hello world” terdiri dari 11 karakter, dan kita ingin mengambil kata world saja maka dari kalimat “Hello world” kita tahu bahwa karakter “w” yang mengawali kata “world” berada pada urutan ke-7 setelah karakter spasi (spasi juga dihitung sebagai karakter) dalam kalimat “Hello world”, sedangkan kata “world” terdiri dari 5 karakter setelah urutan ke-7, untuk mengambil kata “world” kita mengetahui bahwa kata “world” berada di depan karakter spasi yang mempunyai urutan ke-6 ([spasi]world). Maka cara menggunakan fungsi substr adalah substr(“Hello world”,urutan karakter sebelum kata yang dicari(6), panjang karakter kata(5)) maka akan didapat kata “world”. Scriptnya sebagai berikut :

<?php
//mendefinisikan variabel $kalimat
$kalimat = "Hello world";
//fungsi substr akan digunakan untuk mengambil kata "world"
$kata = substr($kalimat,6,5);
//tampilkan kata terpilih
echo "$kata";
?>

Output :

world


Fungsi substr tidak terbatas untuk mengambil kata saja namun juga bisa digunakan untuk mengambil karakter yang kita inginkan berdasarkan urutan karakter tersebut. Tinggal kita kombinasikan urutan karakter dan panjanjang karakter. Sehingga didapatkan karakter yang diinginkan.

Pada kedua fungsi diatas dapat dikombinasikan untuk memanipulasi string yang ada. 

Terima kasih, silakan di-copy, silakan belajar programming jika berkenan silakan tambahkan pesan yang membangun, tetep semangat...tak ada kata gagal untuk orang yang selalu berusaha...

salam,Yogyakarta 7 Oktober 2013
Ikhwan Anshori
Like This Article ?

0 komentar

Posting Komentar

Cari sesuatu?

Teman

 
 
Copyright © 2013 goldenbooks - All Rights Reserved
Golden Books - Powered By Blogger