Rabu, 13 November 2013

Membuat "Backsound" Di Website


Kita sering menjumpai dalam sebuah website yang kita kunjungi, jika kita menggunakan audio output (speaker, red) yang aktif lamat – lamat terdengarlah alunan melodi atau sebuah lagu dari website tersebut. Nilai sebuah website akan lebih baik ketika konten yang dimuatnya beragam dan mendukung web tersebut tampil lebih baik.

Sebuah website tidak dinilai hanya dengan tampilan sekilas ataupun konten yang dimuat, website akan terlihat lebih “hidup” ketika dapat menggunakan beberapa kontak visual dengan pengunjungnya, seperti tampilan yang bagus, melodi pengiring yang sesuai (back sound), lebih – lebih menggunakan animasi yang atraktif dan mengajak pengunjung untuk berinteraksi dengan website tersebut. Hal ini akan membuat pengunjung sebuah website merasakan pengalaman yang berbeda dalam “berselancar” di internet.

Bagaimana untuk membuat sebuah website dengan interaksi yang baik?, mungkin satu tips ini dapat mendukung sebuah website menjadi lebih “hidup”. Backsound dalam sebuah website dapat kita buat dan kita gunakan (hasilnya) jika browser support HTML 5, ya benar, fitur audio ini adalah produk dari HTML 5. Karena setiap browser memiliki versi yang berbeda – beda, tidak semua browser dapat “menikmati” fasilitas HTML 5 ini. Contoh penggunaan :

backsound.html
<html>
<head>
    <title>Backsound</title>
</head>
<body>
Listen.... you hear that?
<audio src="Hoobastank_-_The_Reason.mp3" autoplay="autoplay" hidden="hidden"></audio>
</body>
</html>

Jika ingin menggunakan lagu pengiring yang lain tinggal diubah pada atribut (scr) ke alamat file audio yang diinginkan. Sedangkan output dari tag audio ini sendiri tidak akan ditampilkan di browser karena menggunakan atribut (hidden = “hidden”), jika ingin menampilkan tampilan audionya ya dihapus saja tag tersebut.

Kendala yang mungkin terjadi dalam penggunaan fitur audio dalam HTML 5 :
  1. Alamat file audio yang tidak sesuai akan menyebabkan “backsound” tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  2. Jika tag (hidden = “hidden”) telah dihapus namun juga tidak muncul output dari tag (<audio … ) kemungkinan ini adalah browser tidak mendukung HTML 5.
  3. Tag ( <audio… ) hanya bekerja dalam browser yang mendukung HTML 5.
Terima kasih telah membaca tips singkat ini. Tetap membaca, jangan takut belajar dan sebarkanlah ilmu yang kita miliki. "Sebaik - baik ilmu adalah yang membawa manfaat untuk sesama ", ikhwan anshori


Like This Article ?

0 komentar

Posting Komentar

Cari sesuatu?

Teman

 
 
Copyright © 2013 goldenbooks - All Rights Reserved
Golden Books - Powered By Blogger