Rabu, 13 November 2013

Validasi Form Dengan PHP

Pada dasarnya setiap web yang menggunakan database pasti mempunyai semacam interface dengan user yang mengunjungi halaman tersebut. Baik itu interface aktif (melibatkan user) maupun interaksi tidak aktif (dari segi admin). Interaksi ini bisa ditandai dengan pertukaran data antara user pengguna situs dengan pengguna yang lain, pengguna dengan aplikasi yang dipakainya atau bahkan dengan pengguna dengan admin pengelolanya. Setiap interaksi membutuhkan tempat untuk mengirimkan data dalam hal ini adalah form input. 

Form input yang baik adalah form yang dapat mengatasi input yang dimasukan oleh penggunanya tanpa mempengaruhi kinerja sistem secara langsung artinya ketika input user dilakukan dan ternyata data tersebut berbahaya untuk stabilitas sistem maka validasi input ini penting untuk mencegah sistem mengalami penurunan kinerja (down) atau masalah yang lain.

Nah di sinilah validasi input sangat diperlukan untuk mengatasi masalah – masalah yang sering timbul berkaitan dengan interaksi user menggunakan form. Ada banyak cara untuk melakukan validasi pada form input. Salah satunya dengan menggunakan fungsi PHP, PHP menyediakan banyak fungsi untuk mengatasi input yang dilewatkan form. Ini jelas akan banyak membantu kita untuk mengamankan sistem dari user yang tidak bertanggungjawab yang bertujuan melemahkan sistem.

Macam – Macam Validasi

  1. Validasi Tanggal
  2. Validasi Email 
  3. Validasi Nilai Uang 
  4. Validasi Huruf
  5. Validasi Angka, dll.

     Untuk tutorial lengkapnya, monggo klik

Like This Article ?

0 komentar

Posting Komentar

Cari sesuatu?

Teman

 
 
Copyright © 2013 goldenbooks - All Rights Reserved
Golden Books - Powered By Blogger